Jurus Menjadi Orang Paling Bahagia

Posted on 14/12/2010

0


Judul Buku : La Tahzan –

Penulis : Dr.  “Aidh al-Qarni –

Penerbit : Qisthi Press –

Resensi Oleh : Atep Afia Hidayat –

Siapapun tentu ingin menjadi orang paling bahagia. Nah buku dari DR. Aidh al Qarni ini mengupas tuntas tentang bagaimana supaya jangan bersedih (La Tahzan), bagaimana menjadi orang yang paling bahagia. Buku terlaris di Tumur Tengah karena laku terjual jutaan eksemplar, edisi Bahasa indonesianya yang diterbitkan oleh Qisthi Press juga sangat laris. Terjual ratusan ribu eksemplar.

Menurut penterjemahnya, Samson Rahman, dibanding buku-buku best seller seperti The Magic of Thinking Big, karya David J. Schwart, atau The Seven Habits of Highly Effective People, karya Steven R. Covey, yang hanya memberikan petunjuk praktis ke arah kebahagiaan yang cenderung duniawi, buku La Tahzan lebih komprehenshif, menyajikan jurus-jurus kebahagiaan dunia dan akherat. Buku-buku best seller dari barat, sisi kerokhaniannya terasa kering.

Halaman satu buku tersebut dengan topik “Ya Allah !”. Kunci kebahagiaan utama dan terpenting ialah selalu Curhat (mencurahkan isi hati atau perasaan kepada Allah). Penulisan bab ini begitu aspiratif, “Ketika laut bergemuruh, ombak menggunung, dan angin bertiup kencang menerjang, semua kapal akan panik dan menyeru”.  “Ya Allah. Ketika musibah menimpa, bencana melanda, dan tragedi terjadi, mereka yang tertimpa akan selalu berseru”. “Ya Allah. Ketika bumi terasa menyempit dikarenakan himpitan persoalan hidup, dan jiwa terasa tertekan oleh beban berat kehidupan yang harus Anda pikul, menyerulah”. “Ya Allah !”.

Topik berikut “Pikirkan dan Syukurlah!” halaman 3, kemudian “Yang Lalu Biar berlalu” halaman 4,Hari Ini Milik Anda, Biarkan Masa Depan Datang Sendiri” halaman 8, “Cara Mudah menghadapi Kritikan Pedas” halaman 10,”Jangan mengharap Terima Kasih dari Seseorang” halaman 11,Berbuat Baik terhadap Orang Lain Melapangkan Dada” halaman 13, Isi Waktu Luang Dengan Berbuat” halaman 14, dan sebagainya, diakhiri dengan  tulisan “Tips Menjadi Orang yang Paling Bahagia” halaman 508.  Tulisan ini berisi ratusan tips untuk mencapai status orang paling bahagia, beberapa dia antaranya , “Kirimkan ‘surat-surat’ Anda menjelang subuh: surat yang ditulis dengan tinta air mata, dengan kertas pipi, dengan perangko pengabulan, dan dengan alamat yang dituju adalah ‘arasy. Setelah itu tunggulah balasannya ..………”

Secara keseluruhan tulisan demi tulisan dalam buku setebal 571 halaman itu begitu inspiratif, sangat menggugah kesadaran spiritual. Ternyata kehidupan itu penuh makna bagi mereka yang memaknai. Buku ini memuat kalimat-kalimat motivasi untuk menjalani kehidupan secara lebih jernih, sehingga diharapkan mampu memahami esensi atau hakikat kehidupan itu sendiri. Beberapa judul tulisan seperti “Semangat yang Menembus Langit” halaman 391, “Kebersahajaan itu Akan Menyelamatkan dari Kebinasaan” halaman 403, “Jangan Bersedih, Bacalah Keajaiban-keajaiban: halaman 351, “Jangan Takut, sesungguhnya kamulah yang paling unggul (menang)” halaman 300, dan sebagainya, begitu menggugah dan dihinggapi perasaan bahagia jika membacanya secara cermat. (Atep Afia).

(Atep Afia)

 

 

Posted in: Resensi