Toko Online Berbasis Blog

Posted on 15/11/2010

0


Judul Buku : Cara Mudah Membangun Blog Toko Online –

Penulis : Haryo Bagus Handoko –

Penerbit : Elex Media Komputindo –

Resensi Oleh : Atep Afia Hidayat –

Memiliki toko tentu sangat menyenangkan, bisa menjadi sumber penghasilan yang terus-menerus. Asal dikelola dengan professional, sebuah toko akan memberikan keuntungan optimal. Tetapi biaya membangun toko tentu saja sangat mahal, mulai dari bangunan, etalase, asesoris, persediaan barang, dan pegawai. Untuk membuka toko ukuran sedang biaya ratusan juta harus digelontorkan. Apalagi kalau memilih lokasi strategis yang banyak didatangi orang. Begitu pula kalau bekerjasama dengan pemilik waralaba tertentu, modalnya jauh lebih besar lagi.

Nah, bagaimana cara mengakali supaya modal pendirian toko semurah mungkin. Toko Online ? Ya, jawaban yang jitu, tetapi kalau dengan membuat situs web masih mahal juga, terutama untuk biaya web-programer, beli domain dan hosting. Adakah yang lebih murah lagi ? Tentu ada, gunakan web-blog, atau yang biasa dikenal dengan blog. Kalau perlu cari yang gartisan ….

Buku “Cara Mudah Membangun Blog Toko Online”, yang ditulis Haryo Bagus Handoko, diterbitkan oleh Elex Media Komputindo, berupaya mengungkap situs penyedia blog toko online yang ada di internet, khususnya yang berada di Indonesia, fitur-fitur menu pengelolaannya berbahasa Indonesia, dan yang terpenting benar-benar gratis. Meskipun gratis ternyata penampilan dan desain blog toko online cukup professional. Keistimewaan buku ini, secara cermat mengupas tuntas, mulai dari pendaftaran, input data, pengelolaan data transaksi, sampai langkah modufikasi tampilan supaya blog tampil cantik dan menarik. Disajikan juga bagaimana tips dan trik untuk mempromosikan dan mempopulerkan toko online, sehingga pengunjung pun berjibun dan antri.

Buku ini meliputi delapan bab, dimulai dengan Bab 1, berisi Pendahuluan, membahasa tentang kemudahan dengan memanfaatkan teknologi internet, termasuk dalam mendirikan sebuah toko. Kecenderungan belanja lewat internet sekarang sedang booming, dan peluang ini harus dimanfaatkan dengan jitu.

Bab 2, mengupas tuntas tentang keberadaan TokoBersama.com; Bab 3, mengetengahkan Utoko.Com; Bab 4, menampilkan Blabli.Com; Bab 5, DinoMarket.Com; Bab 6, TokoBagus.Com. Ternyata masing-masing situs penyedia blog toko online memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun yang jelas keberadaannya sangat memberikan manfaat, tinggal bagaimana mengutak-atiknya, dan jreng jadilah sebuah toko online yang ramai dikunjungi dan banyak pembelinya.

Bab 7, modul tambahan sebagai langkah pempercantik tampilan blog toko online, antara lain berisi : bagaimana merancang banner blog toko online, membuat tombol, kreasi skrip HTML, dan tutorial praktis HTML. Bab terakhir, yaitu Bab 8, berisi panduan bagaimana mempublikasikan blog toko online, mulai dari tips merawat dan mengelola blog toko online, trik publikasi dan promosi, dan sekilas tentang SEO. Situs web atau blog apapun yang kita buat tentu sangat membutuhkan pengunjung, apalagi sebuah toko online, makin banyak yang berkunjung idealnya makin banyak yang belanja. SEO atau Search Engine Optimization merupakan usaha untuk mengoptimalkan supaya keberadaan blog atau web kita dengan mudah dapat diindeks dan ditemukan situs-situs pencari (search engine). Bagaimana supaya setiap kali pengunjung mengetikan kata kunci (keyword) tertentu, web atau blog kita selalu tampil pada halaman awal dan posisi paling atas.

Nah, bisnis online atau transaksi perdagangan online (e-commerce) akan semakin menggelembung. Pada tahun 2009 yang lalu di Indonesia mencapai nilai 35 triliun rupiah. Tahun 2010 ini akan semakin meningkat lagi. Mulailah dengan blog toko online terlebih dahulu. Mulai dari toko online milik sendiri, dari toko online yang kecil, dan dibukanya saat ini juga. yes we can ! (Atep Afia).

 

 

Posted in: Resensi