Penelusuran Barack Obama

Posted on 08/11/2010

0


Oleh : Atep Afia Hidayat –

Terlepas dari bakal menimbulkan pro dan kontra dalam kunjungannya ke Indonesia, 9 dan 10 November 2010, sosok Obama tetaplah sangat penting. Bagaimanapun Obama begitu fenomenal, selain karena pernah bermukim di Indonesia dan memiliki kerabat orang Indonesia, juga merupakan keturunan Afrika-Amerika yang menjadi Presiden Amerika Serikat.

Catatan tentang Obama begitu berjibun, mesin pencari Google pada pukul 05.30 WIB, 8 November 2010, dengan menggunakan kata pencaraian “Barack Obama”, mencatat 259 juta hits, bandingkan dengan “Susilo Bambang Yudhoyono” yang 3, 55 juta hits dan “Mahmud Ahmadinejad” dengan 4,29 juta hits. Untuk mesin pencarian Yahoo, pencarian kata “Barack Obama” mencatat 395 juta hits. Luar biasa, begitu populernya Barack Obama di dunia maya.

Kalau menggunakan mesin pencarian Google, khususnya yang “bergentayangan” di Indonesia, berita untuk Barack Obama yang muncul pagi ini (05.50), urutan pertama (paling atas) dengan headline “Obama Dicecar Mahasiswa India Tentang Jihad, Terorisme hingga Gandhi” dari Detikcom, dan ditemukan 66 artikel yang sesuai.

Urutan kedua, “Tolak Kedatangan Barack Obama”‎ dari Pos Kota dan ditemukan 43 artikel yang sesuai. Kalau ditelusuri lebih lanjut ke-43 artikel tentang penolakan kedatangan Obama, didominasi oleh berita unjuk rasa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)‎, 7 November 2010. Demo HTI di depan Istana Merdeka, Jakarta itu menolak rencana kedatangan Presiden AS Barack Obama ke Jakarta 9-10 November . Dalam hal ini HTI menolak kedatangan Presiden AS karena berbagai alasan, salah satunya adalah tindakan brutal di sejumlah negeri muslim seperti Irak, Afghanistan dan di perbatasan Pakistan-Afghanistan, seperti yang diberitakan Media Indonesia. Beberapa situs web yang juga memberitakan aksi HTI antara lain Tribun Kaltim Online, Suara Merdeka CyberNews , IBTimes, Tempo Interaktif , Solopos dan Liputan 6.

Urutan ketiga topik pemberitaan utama, ditempati Tempo Interaktif dengan “UI Mulai Persiapkan Kedatangan Obama‎”, dengan ditemukan 5 artikel serupa, antara lain dari Okezone dan Tribunnews. “Faktor Keamanan, UI Pastikan Obama Pidato Indoor” tulis Okezone. Obama dijadwalkan akan memberikan kuliah umum dan berpidato di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok pada 10 November 2010. Untuk itu pihak UI sudah berkoordinasi dengan Kedutaan AS untuk penentuan lokasi Obama berpidato.

Urutan keempat, berdasarkan catatan Om Google, ditempati situs web Wikipedia berbahasa Indonesia. Pada lamannya Wikipedia mengupas tuntas perjalanan Barack Obama. Wikipedia menulis bahwa, Barack Hussein Obama II (ejaan Inggris: [bəˈrɑːk hʊˈseɪn oʊˈbɑːmə]; lahir di Honolulu, Hawaii, 4 Agustus 1961; umur 49 tahun) adalah Presiden Amerika Serikat yang sekarang menjabat dan merupakan Presiden Amerika Serikat yang ke-44. Barack menjabat sejak 20 Januari 2009 menggantikan George Walker Bush. Sebelumnya ia merupakan Senator Junior dari Illinois dan kemudian menang dalam Pemilu Presiden 2008 pada 4 November 2008. Pada tahun 2009, Obama diumumkan sebagai pemenang anugerah Penghargaan Perdamaian Nobel karena mempromosikan diplomasi internasional untuk memecahkan masalah-masalah internasional. Masih penasaran tentang lika-liku Om Bama ? Silahkan klik Barack Obama di Wikipedia

Bagi Anda yang ingin mengetahui perjalanan Obama melalui Google Map, silahkan klik Perjalanan Barack Obama

Wahh, pokoke melacak Obama melalui ribuan atau ratusan ribu situs web cukup menarik, setelah Wikipedia berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris, urutan berikutnya ditempati: Barackobama.com, Reuters.com, Antaranews.com, Youtube.com, Facebook.com/barackobama, Msnbc.msn.com, Myspace.com/baracobama, dan sebagainya.

Sebagai catatan di Facebook, Barack Obama memilki 15.602.575 penggemar, dan terus bertambah dalam setiap menitnya. Ingin berteman dengan Obama, silahkan klik: http://www.facebook.com/barackobama. Pada halaman profilnya ditulis “This page is run by Organizing for America, the grassroots organization for President Obama’s agenda for change. OFA is a special project of the Democratic National Committee. To visit the White House Facebook page, go to facebook.com/WhiteHouse”.

Masih banyak laman tentang Barack Obama di Google, kalau semua dilacak dan diungkap …cape deechh.. (Atep Afia Hidayat)

Dupublikasikan juga melalui :
http://media.kompasiana.com/mainstream-media/2010/11/08/melacak-barack-obama/

Posted in: Media