Ingin Jadi Webmaster ?

Posted on 08/11/2010

0


Judul Buku :  7 Langkah Mudah Menjadi Webmaster –

Penulis : Dadan Sutisna –

Penerbit : MediaKita –

Resensi Oleh : Atep Afia Hidayat –

Saat ini profesi sebagai webmaster sangat menggiurkan. Kini baik instansi pemerintah, perusahaan, institusi pendidikan, bahkan perorangan, ramai-ramai membuat website. Jika menghendaki tampilan yang oke punya, tentu dibutuhkan jasa seorang webmaster. Nah, buku ini memandu secara abcd bagaimana untuk menjadi seorang webmaster.

Ternyata untuk membangun sebuah website itu tidak gampang, banyak lika-likunya. Oleh sebab itu setidaknya harus mencangkup : Web Arsitek, bertugas merancang secara khusus; Web Designer, bertugas mendesain halaman web, tentu saja harus memiliki jiwa seni. Yang dikerjakan Web Designer antara lain menentukan bentuk desain, tata letak gambar, dan tipografi; Web Programmer, bekerja setelah desain web rampung. Yang dikerjakannya ialah membuat kode-kode program untuk menghubungkan halaman demi halaman, serta berbagai fasilitas yang akan disediakan di website; Web Administrator, bertanggung-jawab untuk kelangsungan website, mengatur webserver, menjaga database, mengatur domain yang digunakan, dan lain-lain.

Dalam dunia webmaster ada beberapa istilah lain yang sangat penting, seperti database administrator, HTML Cutter, Content Administrator, Trainer, dan sebagainya. Bisa saja semua pekerjaan dilakukan sendiri, asal websitenya sederhana tidak banyak pernak-perniknya.

Dalam buku ini dijelaskan perihal modal dasar Webmaster:
a. Menguasai salah satu sistem operasi seperti Windows atau Linux
b. Menguasai istilah dunia internet seperti URL, domain, browser, email, IP address, dan hosting.
c. Menguasai salah satu pemograman web seperti HTML, XHTML, PHP, ASP dan ASPX.
d. Menguasai salah satu aplikasi database seperti MySQLFront, SQLYog, SLQ Server dan Ms. Acces.
e. Menguasai salah satu aplikasi desain grafis seperti CorelDraw dan Photoshop.

Dijelaskan pula beberapa software yang dibutuhkan:
a. Desain web (Adobe Photoshop, Corel Draw, Firework, dll).
b. Editor Web (ada dua macam: hand code dan WYSIWYG – what you see is what you get). Untuk hand code seperti notepad pada windows. Untuk WYSIWYG seperti Dreamweaver, Frontpage, GoLive, HotMetal, dll.
c. Web Server (Netscape Server, Microsoft IIS, Xitami, Webstar, Apache, dll.
d. Web Browser. Software untuk menerjemahkan kota program HTML ke dalam bentuk visual sesuai dengan apa yang dirancang pembuat website. Beberapa browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefoxx, Opera dan Netscape Navigator (yang terbaru Google Chrome).

Dalam buku inipun dilengkapi panduan rancangan dasar pembuatan website, desain website, pemograman web dasar, pemograman web dengan database, dan evaluasi dan upload website. Nah, tunggu apalagi, segera mulai merintis jadi webmaster. Bagi yang sudah mantap jadi webmaster, ajari donk kite-kite..heheheh. (Atep Afia).

 

 

Posted in: Situs Web