Ide Cemerlang dan Bisnis Besar

Posted on 08/11/2010

0


Judul : Penjadi Pengusaha, Mengubah Ide Cemerlang Menjadi Bisnis yang Besar dan Menguntungkan –

Judul Asli : Turn Your Good Idea Into a Great Business

Penulis : Mike Southon & Chris West

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama –

Resensi Oleh : Atep Afia Hidayat

 

Menjadi pengusaha, mengubah ide cemerlang menjadi bisnis yang besar dan menguntungkan. Pada dasarnya sebua bisnis besar bermula dari ide cemerlang. Dan ide cemerlang itu bisa muncul dari siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Persoalannya, bisakah ide cemerlang itu diwujudkan menjadi bisnis, menjadi usaha yang sangat menguntungkan.

Buku dengan judul asli “Beermat Entrepreneur, Turn Your Good Idea Into a Great Buseness”, mengupas perihal “benih perusahaan”, “pertumbuhan perusahaan”, sampai “menjadi perusahaan yang perkasa seperti pohon eik”. Dalam kata pengantarnya, Charles Dunstone, pendiri The Carphone Warehouse, menyebutkan bahwa entrepreneur adalah orang-orang yang hebat, namun mereka butuh bantuan yang semestinya. Mereka membutuhkan antusiasme dan kejelasan. Bagaimanapun pebisnis memerlukan advis, kontak dan dukungan moral. Pebisnis memerlukan mentor, terutama pada tahap-tahap tertentu pertumbuhan perusahaan.

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman hidup, bukan buku teori. Sehingga pebisnis atau calon pebisnis bisa belajar dan menikmati buku ini. Dijelaskan, bahwa memang benar, kesuksesan bisnis menuntut kerja keras. Kebanyakan menuntut kerja keras 24 jam sehari, selama lima tahun. Pebisnis selalu percaya diri, mereka terlahir optimis, mereka tahu apa yang mesti dilakukan.

Untuk menanam pohon, harus dirintis dari keberadaan benih. Kalau benihnya berkualitas, lingkungannya baik dan pemeliharaannya tepat, maka benih itupun segera akan tumbuh menjadi pohon yang produktif. Begitu pula perusahaan yang kokoh, diawali dari benih perusahaan yang unggul. Benih tersebut adalah ide cemerlang, apakah orang sekitar menyambut dengan antusia, apakah keesokan harinya, kita bangun tidur ide itu masih tampak cemerlang ? Dalam pertumbuhannya dibutuhkan mentor, kalau bisa seorang pengusaha yang berpengalaman dan senior, dapat menangkap gagasan Anda, menyukai Anda, dan Anda suka kepadanya. Selain itu, sangat penting untuk membentuk tim entrepreneur, inovator teknik, spesialis delivery, penjualan dan keuangan.

Ketika usaha sudah tumbuh dan berjalan, maka Anda mesti mencari pegawai, sebagai langkah awal membentuk dream team. Anda dituntut untuk mendelegasikan tanggung jawab riil kepada mereka. Perusahaan Anda kini menjadi pohon kecil, bukan lagi kecambah yang baru tumbuh. Menurut penulis buku ini, periode pertumbuhan perusahaan dimulai ketika saat memulai hanya dengan 5 orang, kini ditangani 20 orang. Bukti nyata bahwa bisnis pada dasarnya berurusan dengan orang-orang. Dijelaskan, dari sudut marketing, perusahaan yang mulai jadi pohon sebenarnya merupakan sebuah “butik”. Yang menjadi pelanggan ialah pasar yang istimewa, konsumen berasal dari rekomendasi (dan tentu saja kembali lagi, lagi, lagi dan lagi). Gayanya benar-benar personal, ramah, memiliki komitmen; semua pihak dalam bisnis mempunyai visi yang sama, serta bekerja dan berupaya merealisasikannya bersama-sama.

Setelah mencapai tahapan kepercayaan pasar yang kuat, arus dan variasi penjualan yang mantap, organisasi yang sehat, keuangan yang solit dan para pegawai yang sejalan dan benar-benar siap, maka perusahaan pun segera menjelma seperti pohon yang eik yang perkasa. Dalam fase ini maka pengusaha atau pebisnis akan meraih kekayaan, namun harus berbagi secara adil dengan siapapun yang ikut menciptakan situasi ini, memiliki hati nurani yang jernih, dan harus berani menengok ke belakang.

Buku inipun dilengkapi: Apendiks A, berisi 12 hal yang menuntut Anda meningkatkan keyakinan akan kemampuan suatu ide agar berhasil. Apendiks B, berisi Kisah Sukses The Instruction Set. Apendiks C berisi The Prince’s Trust. (Atep Afia)

 

Dipublikasikan juga melalui :

http://id.shvoong.com/books/1865871-menjadi-pengusaha/

 

 

 

Posted in: Kewirausahaan