Apa itu Facebook ?

Posted on 08/11/2010

0


Judul Buku : Step by Ste Facebook –

Pengarang : Sartika Kurniali –

Resensi Oleh : Atep Afia Hidayat –

Buku Step by Step facebook ditulis oleh Sartika Kurniali, diterbitkan oleh Elex Media Komputindo awal tahun 2009. Selain mencangkup Pendahuluan, buku ini meliputi Enam Bab, yang meliputi; Bab itu menyajikan “Apa itu facebook”, membahas tentang pentingnya social networking, mengenal facebook lebih dalam termasuk sejarah, pendiri dan profil perusahaan, serta kelebihan dan kekurangan facebook.

Bab kedua muncul dengan tajuk “Menjaring Teman”, secara terperinci menjelaskan cara-cara mendaftar, mengelola facebook sebagai rumah sendiri, mengelola account dan profil, menambahkan foto dan album, bagaimana cara berbagi foto dan memberi tag pada foto, bagaimana cara menambahkan video, kemudian mengupas strategi pertemanan, termasuk bagaimana cara menjaring teman dan mengelola daftar teman. Dalam bab inipun dilengkapi dengan trik bergabung dengan komunitas, mengirim dan menerima pesan, poke (mencolek) teman, chatting, membuat buku catatan, berbagi events, bertukar kado, marketplace, menambah aplikasi, dan menampilkan pendapat mengenai facebook di mata penggunanya. Dengan memahami bab kedua dari buku ini, anda dianggap sudah mampu aktif “bergaul” di dunia maya.

Bab ketiga tampil dengan tajuk ” Unik dan Aman di facebook”. Untuk menaring pertemanan yang efektif, jelas tampilan profil kita harus unik. Caranya, ya dengan aplikasi secara optimal, termasuk menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun jangan lupa, di facebook juga privasi kita harus dijaga, jangan sampai informasi pribadi dimanfaatkan pihak lain, secara tidak bertanggung-jawab. Dalam bab ini pun diungkapkan tentang kasus-kasus buruk akibat penyalah-gunaan informasi pribadi, mulai dari seorang Kepala Sekolah yang dipecat karena menampilkan foto bugil, sampai kebohongan status lajang yang ditampilkan seorang suami. Dalam bab ini pun disajikan bagaimana cara menghindari penipuan.

Bab keempat, berkaitan dengan pemanfaatan facebook sebagai sumber penghasilan, sehingga tampil dengan tajuk “Menjaring Pelanggan”. Ternyata facebook bisa membantu Anda, karena situs ini bisa menjadi alat bantu internet marketing yang gratis. Berbagai fasilitas seperti Mini Feed, News Feed, Profile, Pages, Events, Groups, Notes, Photos, Message, Marketplace, Share/Posted Items, Networks dan Lexicon bisa dimanfaatkan secara optimal. Facebook juga menyediakan fasilitas untuk memasang iklan melalui Polls, Social Ads, beacon, Mensponsori Aplikasi dan Jaringan Iklan Pihak ketiga. Ternyata facebook juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk membuat model aplikasi bisnis sendiri. Facebook juga merupakan tempat “jual diri”, apa yang menjadi kemampuan kita promosikan, oleh sebab itu profil harus dibuat sebaik mungkin, sehingga mengesankan perekrut.

Bab kelima merupakan tingkat lanjut, dikupas tentang mengkombinasikan facebook, update status melalui Yahoo Messenger, Aplikasi Keren, facebook Mobile, dan bagaimana trik menghemat waktu dengan facebook.

Bab keenam, dengan topik “Fakta Tersembunyi facebook”, antara lain mengungkap fakta-fakta seperti : siapa orang tertua di facebook, facebook negara ke-12 terpadat di dunia, ternyata pengguna facebook sudah mencapai 100 juta orang, kalau diurutkan ke jumlah penduduk suatu negara, maka menempati peringkat ke 12 setelah Meksiko. Hal lain yang dijelaskan ialah Grup yang paling cepat bertambah anggotanya, statistik facebook, sisi gelap facebook dan orang terkenal di facebook. O, iya ada larangan di facebook, di antaranya tidak boleh meng-upload foto Ibu menyusui, karena di anggap tidak layak dipublikasikan. Kalau Anda keukeuh mencoba, maka account Anda akan segera dibekukan. Nah lho .. (Atep Afia)

 

Diterbitkan juga di :

http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/websites/1864060-step-step-facebook/

 

 

Posted in: Resensi