Totalitas

Posted on 23/08/2010

0


Oleh : Atep Afia Hidayat –

Totalitas artinya menjalani secara total, segenap daya, segenap upaya, segenap energi. Tidak ada daya dan upaya kecuali atas pertolongan Allah SWT. Maknanya, manusia itu nol, tidak punya power sekecil apapun, kecuali ber-totalitas kepada kekuatan dan kekuasaan Allah SWT. Manusia itu secara total diciptakan dan dihidupkan oleh Allah SWT. Secara total bergantung kepada sumberdaya ciptaan Allah SWT.

Di sisi lainnya, Allah SWT tidak mengubah nasib seseorang atau suatu kaum, jika orang atau kaum itu tidak mengubahnya sendiri. Totalitas juga ada di sini. Secara total seseorang harus mengubah nasibnya sendiri, baru Allah SWT akan mengubahnya.

Gimana kondisi nasib kita saat ini ? “Enakeun”, “tidak enakeun”, “biasa saja” ??? Apakah kita sudah nyaman dengan kondisi nasib saat ini ? Atau ingin berubah. Nah, kalau mau berubah harus secara total, tidak bisa setengah-setengah. Lantas darimana memulai mengubah nasib ? Langkah pertamanya ?

Mulailah dengan meng-evalusi atau mem-bedah cara berpikir dan isi pikiran. Bagaimana cara mem-bedah pikiran?

Sebenarnya, bagaimana nasib kita saat ini ditentukan oleh cara berpikir selama ini. Isi, cara dan jalan pikiran itulah yang menentukan cara kita bersikap, sikap membangun kebiasaan, kebiasaan mengkristal menjadi karakter, dan karakter berujung pada nasib.

Mengubah nasib harus diawali dengan membedah pikiran dengan pisau bedah yang “tajam”. Tidak semua orang bisa membedah isi pikirannya, sebab kebanyakan orang didominasi oleh subyektifitas perasaannya. Pikiran bersifat rasional, sedangkan perasaan lebih irasional. Membedah pikiran harus dengan perasaan yang “ikhlas”, jiwa yang “khusyu”, dan emosi yang “stabil”. Lihat secara jujur apa isi pikiran kita, butir-butir “mutiara”-kah ? atau gundukan “sampah” ? atau setumbuk “limbah beracun” .

Bagaimana selama ini kita mengisi file-file pikiran ? Dengan file-file mutiara, file sampah atau file racun. Sekumpulan file pikiran itulah yang menentukan nasib kita.

Jika file pikiran kita didominasi file sampah dan racun, maka harus dibershkan secara total, kalau perlu tak bersisa. Gantikan secara total dengan file mutiara. Darimana sumber file mutiara ? Firman-firman Allah SWT dalam kitab suci Al Qur’an, serta ucapan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadits-haditsnya. Isi pikiran secara total dengan kedua sumber file mutiara tersebut, maka nasib kita pun akan berubah.

Mau nasibnya baik di dunia dan akherat ? Masuk Islam secara total (kaffah), terapkan file-file Al Quran dan Hadits dengan totalitas. Insya Allah. (Atep Afia).

Posted in: Introspeksi