Kemerdekaan

Posted on 17/08/2010

0


Oleh : Atep Afia Hidayat –

Hari ini, 17 Agustus 2010, Bangsa Indonesia merayakan kemerdekaannya yang ke 65 tahun. Sudah cukup lama kita bebas dari penjajahan, merdeka dari intimidasi dan ekspansi bangsa lain. Tetapi benarkah kemerdekaan itu sudah kita raih ?

Ya, sebagian kecil orang Indonesia memang sudah merdeka. Menjalani kehidupan dengan bebas, baik secara material, sosial maupun spiritual. Namun mayoritas bangsa ini ternyata masih dalam kondisi “terjajah”. Ada yang “terjajah” secara material, dengan kata lain masih hidup di bawah garis kemiskinan. Ada yang “terjajah” secara sosial, artinya belum mendapat status yang sama dengan masyarakat lainnya, masih “menjadi” atau “merasa menjadi” warga kelas dua. Ada juga yang masih “terjajah” secara spiritual, artinya belum mendapat “kemerdekaan hati”. Jiwanya masih terkungkung “kekuatan” tertentu, baik yang berasal dari internal atau eksternal dirinya.

Kemerdekaan harus total, harus full. Merdeka secara material namun secara spiritual belum, berarti hanya hidup dalam alam materi, alam keduniaan. Kehidupan dijalani dengan hampa, kering, dan kurang bermakna. Merdeka secara spiritual namun secara finansial belum, bebarti juga masih kurang lengkap. Karena kita masih berpijak di Bumi, masih membutuhkan materi yang memadai untuk menunjang kehidupan. Kemerdekaan juga harus mencangkup aspek sosial, karena kita hadir di Bumi secara kolektif, buka orang-perorang.

Yuk kita berupaya meraih kemerdekaan secara full. (Atep Afia)

Posted in: Introspeksi