Bandung Kota Terburuk ?

Posted on 17/12/2009

1


Oleh : Atep Afia Hidayat –

 

Baru-baru ini Ikatan Perencanaan Indonesia (IAP), melansir hasil risetnya, yaitu pengukuran Indonesia’s Most Liveavle City Index 2009. Ada 12 kota besar di Indonesia yang dievaluasi, yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Pontianak, Palangkaraya, Makassar, Manado dan Jayapura.

Indikator penilaian terdiri dari fisik kota, kualitas lingkungan, transportasi, fasilitas umum dan fasilitas sosial, utilitas, ekonomi dan masalah sosial. Sedangkan yang menjadi responden adalah warga kota yang bersangkutan.

Hasil penilaian menunjukkan, Bandung memiliki rapor paling buruk. Penataan Bandung dianggap terburuk karena tingkat komersialisasi yang terlalu banyak merampas ruang publik. Memang kondisi saat ini Bandung sudah heurin ku tangtung. Sangat padat dan sumpek dengan beragam aktivitas, terutama bisnis. Sebagai kota tujuan wisatawan lokal, terutama warga Jakarta dan sekitarnya, kondisi Bandung yang sejuk perlahan namun pasti berubah menjadi Bandung yang panas. Keberadaan ruang publik dan ruang terbuka hijau, makin tersisihkan.

Sejatinya Bandung adalah kota pegunungan, berada di dataran menengah yang dikelilingi gunung. Di Pulau Jawa tidak banyak kota dengan kondisi serupa, kebanyakan kota besar   adalah kota pesisir, terletak ditepi laut yang berhawa panas.  Predikat sebagai kota sejuk perlahan luntur, terutama akibat perubahan iklim lokal dan global.

Dengan adanya hasil riset tersebut, diharapkan masyarakat dan Pemda Kota Bandung, lebih memperhatikan upaya untuk memulihkan Bandung, sebagai ibukota Parahyangan, sebagai Paris van Java. Selain bersih, hijau dan berbunga Bandung pun kembali berkarakter ramah dan sopan, sebagimana tabiat Orang Sunda pada umumnya. Semoga. (Atep Afia)

Sumber Gambar:

Posted in: Lingkungan