Google Translate : Terjemahan Dari dan Ke 50 Bahasa

Posted on 12/12/2009

0


Oleh : Atep Afia Hidayat –

Anda memiliki file teks atau halaman web berbahasa asing. Jangan khawatir, Google Translate kini menyediakan fasilitas terjemahan untuk 51 bahasa, mulai dari Bahasa Arab, Belanda, Bulgaria, Cina, Katalan, Korasia, Indonesia, Inggris, Perancis sampai Vietnam.

Teknis penterjemahan pun tidak rumit, tinggal copy teks kemudian paste-kan ke ruang penterjemahan, atur jenis bahasanya, klik terjemahkan. Tunggu beberapa menit, maka proses alih bahasa pun selesai. Atau Anda akan menterjemahkan halaman website, tinggal copy alamat URL-nya, paste-kan di ruang pernterjemahan, maka teks dalam bahasa yang Anda kehendaki pun sudah tersaji.

Salah satu keuntungan bagi kita ialah tersedianya fasilitas terjamahan dari dan ke Bahasa Indonesia, untuk terjemahan dari dan ke 50 bahasa. Luar biasa ! Memang akurasi terjemahannya masih belum seratus persen, masih banyak kalimat hasil terjemahan yang sulit dimengerti. Tetapi hasil tersebut bisa diperbaiki dengan memperhatikan aturan penterjemahan. Dengan fasilitas ini, setidaknya kita bisa agak memahami suatu teks dari 50 bahasa lainnya, yang sebelumnya asing sama sekali.

Ingin mencoba menterjemahkan, silahkan cari http://translate.google.com/ melalui mesin pencari Google. Terjemahkan file teks anda atau halaman website ke bahasa yang Anda tuju. Dalam waktu beberapa menit, terjadi alih bahasa. Fasilitas Google Translate dilengkapi Text and Web, Translated Search, Dictionary dan Tools. Khusus untuk dari dan ke Bahasa Indonesia (Google Terjemahan), alamat URL-nya http://translate.google.co.id/#.

Nah, tunggu apalagi, mari mencari informasi dari berbagai bahasa di dunia, dengan menggunakan fasilitas Google Translate. (Atep Afia).

Posted in: Situs Web