Wikipedia : Jutaan Artikel dalam Ratusan Bahasa

Posted on 12/12/2009

1


Oleh : Atep Afia Hidayat –

Anda menyukai ilmu pengetahuan dan beragam informasi menarik ? Inilah gudangnya, Wikipedia. Wikipedia memiliki edisi dalam berbagai bahasa, posisi 7 Februari 2009 dalam Bahasa Inggris menyajikan lebih dari 2,7 juta artikel, Bahasa Jerman lebih dari 860 ribu artikel, dan dalam Bahasa Perancis lebih dari 759 ribu artikel. Sedangkan posisi 12 Desember 2009, dalam Bahasa Inggris lebih 3,12 juta artikel, Bahasa Jerman 990 ribu artikel, dan Bahasa Perancis 885 ribu artikel.

Wikipedia edisi Bahasa Indonesia, posisi 7 Februari 2009, memiliki 97.514 artikel. Sedangkan posisi 12 Desember 2009 mencapai 115.889 artikel. Terbagi dalam Budaya, Filsafat, Geografi, Ilmu, Indonesia, Masyarakat, Matematika, Sejarah, Seni, Teknologi dan Tokoh. Andapun dapat menyumbang pengetahuan yang dimiliki, dengan terlebih dahulu membuat akun. Selain memiliki fasilitas pencarian “Cari judul” atau “Cari isi”, Wikipedia edisi Bahasa Indonesia juga dilengkapi fasilitas “Warung Kopi”, “Portal Komunitas”, “Bantuan”, “Kotak Peralatan”, dan sebagainya.

Homepage Wikipedia Bahasa`Indonesia selalu diperbaharui, antara lain dengan menampilkan “Artikel Pilihan”, “Gambar Pilihan”, “Peristiwa Pilihan”, “Tahukah Anda”, dan “Tanggal Sekarang dalam Sejarah”.

Ada lagi keistimewaan Wikipedia, yaitu memiliki edisi Bahasa Jawa, URL-nya : http://jv.wikipedia.org, (posisi 7 Februari 2009) memiliki sekitar 16 ribu artikel. Sugeng Rawuh Wonten ing Wikipedia Abasa Jawi. Belum cukup sampai di situ, Wikipedia Bahasa Sunda juga ada, URL-nya : http://su.wikipedia.org. memuat lebih dari 14 ribu artikel, Wilujeng Suping di Wikipedia Sunda.  Posisi 12 Desember 2009, artikel dalam Bahasa Jawa meningkat jadi lebih 23 ribu dan Bahasa Sunda hampir 15 ribu artikel.

Ternyata, dengan perkembangan teknologi informasi, mencari ilmu pengetahuan dan beragam informasi kian mudah saja, tinggal klik, klik, klik. (Atep Afia).

Sumber Gambar:

Posted in: Situs Web